Rp 35.000/Bungkus Yuk Order => https://nasi-kebuli-instan.business.site/
Surah ke-72. 28 ayat. Makkiyyah
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Ayat 1-7: Berita tentang sebagian jin yang mendengarkan Al Qur’an, lalu mereka tersentuh olehnya dan beriman serta mengagungkan Allah Subhaanahu wa Ta'aala, dan ajakan mereka kepada kaumnya untuk beriman kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala.
قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا (١) يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ وَلَنْ نُشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا (٢)وَأَنَّهُ تَعَالَى جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَلا وَلَدًا (٣) وَأَنَّهُ كَانَ يَقُولُ سَفِيهُنَا عَلَى اللَّهِ شَطَطًا (٤) وَأَنَّا ظَنَنَّا أَنْ لَنْ تَقُولَ الإنْسُ وَالْجِنُّ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا (٥) وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الإنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا (٦) وَأَنَّهُمْ ظَنُّوا كَمَا ظَنَنْتُمْ أَنْ لَنْ يَبْعَثَ اللَّهُ أَحَدًا (٧)
Terjemah Surat Al Jinn Ayat 1-7
1. [1]Katakanlah (Muhammad kepada manusia), "Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan Al Quran)[2], lalu mereka berkata, “Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Al Qur’an),
2. (yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar[3], lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Tuhan kami[4],
4. Dan sesungguhnya orang yang bodoh di antara kami dahulu selalu mengucapkan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah[7],
5. dan sesungguhnya kami mengira, bahwa manusia dan jin itu tidak akan mengatakan perkataan yang dusta terhadap Allah[8],
6. dan sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meminta perlindungan[9] kepada beberapa laki-laki dari jin, tetapi mereka (jin) menjadikan mereka (manusia) bertambah sesat[10].
7. Dan sesungguhnya mereka (jin) mengira seperti kamu (orang musyrik Mekah) dan juga mengira bahwa Allah tidak akan membangkitkan kembali siapa pun (pada hari Kiamat)[11].
Ayat 8-13: Keadaan jin yang mencuri berita dari langit, keadaan langit yang dijaga oleh para malaikat dan pengiriman meteor kepada mereka setelah diutusnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan keanehan mereka terhadap peristiwa itu.
وَأَنَّا لَمَسْنَا السَّمَاءَ فَوَجَدْنَاهَا مُلِئَتْ حَرَسًا شَدِيدًا وَشُهُبًا (٨) وَأَنَّا كُنَّا نَقْعُدُ مِنْهَا مَقَاعِدَ لِلسَّمْعِ فَمَنْ يَسْتَمِعِ الآنَ يَجِدْ لَهُ شِهَابًا رَصَدًا (٩) وَأَنَّا لا نَدْرِي أَشَرٌّ أُرِيدَ بِمَنْ فِي الأرْضِ أَمْ أَرَادَ بِهِمْ رَبُّهُمْ رَشَدًا (١٠) وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَلِكَ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا (١١) وَأَنَّا ظَنَنَّا أَنْ لَنْ نُعجِزَ اللَّهَ فِي الأرْضِ وَلَنْ نُعْجِزَهُ هَرَبًا (١٢) وَأَنَّا لَمَّا سَمِعْنَا الْهُدَى آمَنَّا بِهِ فَمَنْ يُؤْمِنْ بِرَبِّهِ فَلا يَخَافُ بَخْسًا وَلا رَهَقًا (١٣)
Terjemah Surat Al Jinn Ayat 8-13
8. Dan sesungguhnya kami (jin) telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api[12],
9. dan sesungguhnya kami (jin) dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mencuri dengar (berita-beritanya). Tetapi sekarang[13] siapa (mencoba) mencuri dengar (seperti itu) pasti akan menjumpai panah-panah api yang mengintai (untuk membakarnya)[14].
10. Dan sesungguhnya kami (jin) tidak mengetahui (adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan baginya[15].
11. Dan sesungguhnya di antara kami (jin)[16] ada yang saleh dan ada (pula) kebalikannya[17]. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda[18].
12. Dan sesungguhnya kami (jin) telah menduga, bahwa kami tidak akan mampu melepaskan diri (dari kekuasaan) Allah di bumi dan tidak (pula) dapat lari melepaskan diri (dari)-Nya[19].
13. Dan sesungguhnya ketika kami (jin) mendengar petunjuk (Al Qur’an), kami beriman kepadanya. [20]Maka barang siapa beriman kepada Tuhan[21], maka tidak perlu lagi ia takut rugi[22] atau dizalimi[23].
KANDUNGAN AYAT
[1] Imam Bukhari meriwayatkan dengan sanadnya yang sampai kepada Ibnu Abbas ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah pergi bersama beberapa orang para sahabatnya menuju pasar ‘Ukazh. Sedangkan para setan telah dihalangi mendengarkan berita dari langit; mereka telah dilempari panah api sehingga mereka kembali (tidak jadi mencuri berita), dan (setan-setan) yang lain berkata, “Ada apa dengan kamu?” Mereka menjawab, “Kami telah dihalangi mendapatkan berita dari langit dan telah dihujani panah-panah api.” Lalu (setan-setan yang lain itu) mengatakan, “Tidaklah keadaannya demikian kecuali karena ada sesuatu yang terjadi. Oleh karena itu, lakukanlah perjalanan di bagian timur bumi dan bagian baratnya, kemudian lihatlah apa yang sedang terjadi.” Maka mereka (para setan itu) pergi ke bagian timur bumi dan bagian baratnya untuk melihat kejadian apa yang menghalangi mereka untuk mendengarkan berita dari langit. Sedangkan para setan yang pergi menuju Tihamah pergi mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di Nakhlah ketika Beliau sedang dalam perjalanan menuju pasar ‘Ukazh dan shalat Subuh dengan para sahabatnya. Ketika mereka mendengarkan Al Qur’an, maka mereka memperhatikannya dengan seksama dan berkata, “Inilah yang menghalangi kamu mendengar berita dari langit.” Ketika itulah mereka kembali ke kaum mereka dan berkata, “Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Al Qur’an),-- (yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Tuhan kami,” Dan Allah ‘Azza wa Jalla menurunkan ayat kepada Nabi-Nya, “Katakanlah (Muhammad), "Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan Al Quran),…dst.” (Hadits ini diriwayatkan pula oleh Muslim, Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Jarir, Hakim, Baihaqi dan Abu Nu’aim dalam Al Hilyah).
[2] Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menghadapkan mereka (sekumpulan jin) kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam untuk mendengarkan ayat-ayat-Nya agar hujjah tegak terhadap mereka, nikmat menjadi sempurna dan mereka menjadi pemberi peringatan terhadap kaum mereka. Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam untuk menceritakan berita ini kepada manusia, dimana ketika mereka (sekumpulan jin) tiba di dekat Beliau, mereka berkata kepada sesama mereka, “Diamlah.” setelah mereka semua terdiam, mereka mendengarnya dan memahami maknanya, dan hakikatnya pun sampai ke hati mereka.
[3] Yakni yang menunjukkan kepada segala yang bermaslahat bagi manusia baik bagi agama maupun dunia mereka. Inilah arti Ar Rusyd.
[4] Setelah ini. Mereka menggabung antara ‘beriman’ yang masuk ke dalamnya semua amal baik, dan antara bertakwa yang mengandung arti meninggalkan keburukan. Sebab yang mendorong mereka beriman dan melakukan pengiringnya adalah apa yang mereka ketahui dari pengarahan Al Qur’an, kandungannya yang terdiri dari maslahat, faedah dan menjauhi bahaya. Hal itu, karena Al Qur’an adalah ayat yang agung, hujjah yang qath’i bagi orang yang mengambil sinar darinya dan mengambil petunjuk darinya.
Itulah iman yang bermanfaat yang membuahkan segala kebaikan yang dibangun di atas petunjuk Al Qur’an, berbeda dengan iman karena ikut-ikutan yang berada dalam bahaya syubhat dan berbagai aral yang melintang.
[5] Dari apa yang dinisbatkan kepada-Nya.
[6] Mereka mengetahui dari keagungan Allah dan kebesaran-Nya, batilnya orang yang mengatakan bahwa Allah punya istri dan anak karena Dia mempunyai keagungan dan kebesaran pada setiap sifat sempurna, sedangkan mempunyai istri atau anak menafikan hal itu karena bertentangan dengan sempurnanya kecukupannya.
[7] Yang dimaksud dengan perkataan yang melampaui batas, ialah mengatakan bahwa Allah mempunyai istri dan anak. Hal ini karena kebodohan mereka dan kelemahan akalnya.
[8] Yakni kami tertipu sebelumnya, dan yang membuat kami tertipu adalah para pemimpin kami dari kalangan jin dan manusia, kami terlalu bersangka baik dengan mereka dan mengira bahwa mereka tidak akan berani berdusta terhadap Allah. Oleh karena itulah, kami sebelumnya mengikuti mereka, namun sekarang kebenaran telah jelas bagi kami, kami pun kembali dan tunduk kepadanya dan tidak peduli dengan perkataan siapa pun yang bertentangan dengan petunjuk.
[9] Ada di antara orang-orang Arab apabila mereka melintasi tempat yang sunyi, maka mereka minta perlindungan kepada jin yang mereka anggap berkuasa di tempat itu.
[10] Atau bisa maksudnya bertambah takut. Dan bisa juga maksudnya, bahwa perbuatan yang dilakukan manusia itu membuat jin bertambah sombong dan melampaui batas karena melihat manusia menyembah dan meminta perlindungan kepada mereka.
# Meminta Perlindungan Kepada Jin Membuat Manusia Semakin Hina
[11] Oleh karena mereka mengingkari kebangkitan, maka mereka berani berbuat syirk dan melampui batas.
Faidah:
- Sebagian manusia di zaman Jahiliyah dahulu menyangka sudah tidak ada lagi utusan Allah yang akan membawa risalah
- Sebagaimana manusia, jin pun ada yang menyangka demikian
- Sebagian ahli tafsir menyatakan makna لَنْ يَبْعَثَ اللَّهُ أَحَدًا artinya mereka menyangka tidak akan dibangkitkan kelak di hari kiamat.
- Adanya keyakinan bahwa makhluk hidup itu ketika mati maka sudah selesai perkara. Tidak dibangkitkan, tidak ada kelanjutan, tidak ada pertanggung-jawaban. Dan keyakinan ini sudah ada sejak dahulu, bahkan para jin juga berkeyakinan demikian.
- Manusia dan jin sederajat, dalam hal akal dan potensi ilmu. Jin pun tidak tahu agama yang benar dan keyakinan yang benar jika tidak diberi tahu.
- Perkara gaib ada 2: gaib nisbi dan gaib mutlak. Gaib nisbi, karena tidak diketahui sebagian, namun diketahui oleh sebagian yang lain, misal: benda yang ada di balik tembok. Gaib mutlak hanya Allah yang tahu, misal: kapan kiamat terjadi.
- Jin, walaupun dia makhluk gaib, tetap tidak tahu perkara gaib mutlak. Dalam kasus ini jin tidak tahu apa yang akan terjadi setelah mati.
- Ayat ini dalil bahwa hari kebangkitan itu ada.
- Jin bisa mati dan juga akan dibangkitkan kembali sebagaimana manusia.
[12] Syuhub adalah jama’ syihaab yang artinya panah api atau meteor. Mereka dilimpari syuhub ketika hendak mencuri berita dari langit.
Faidah:
- Sebagian jin bisa terbang ke langit
- Di langit ada penjaga-penjaga
- Para ahli tafsir menjelaskan, sebelum Rasulullah di utus, para jin bisa leluasa duduk-duduk di langit lalu terkadang mengetahui berita-berita langit sesuai yang Allah kehendaki untuk mereka ketahui.
- Namun setelah Rasulullah di utus, langit dijaga ketat dan ada panah api yang menghujam mereka, sehingga tidak mudah untuk mencuri berita langit.
- Sebagian ahli tafsir menjelaskan, hikmah dari hal tersebut adalah untuk menutup peluang bagi manusia untuk mempercayai perkataan para dukun yang membuat manusia ragu atau bahkan menentang isi dari Al Qur’an.
- Kata لمس yang arti zhahirnya adalah ‘menyentuh’, terkadang artinya ‘mendatangi untuk melakukan sesuatu’.
[13] Yang dimaksud dengan sekarang, ialah waktu setelah Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam diutus menjadi rasul.
[14] Dari sini mereka mengetahui, bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala hendak mengadakan sesuatu yang besar di bumi; entah sesuatu itu baik atau buruk, sebagaimana yang diterangkan dalam ayat selanjutnya.
Faidah:
- Sebagian jin bisa terbang ke langit
- Ada tempat-tempat di langit yang dapat diduduki jin
- Ayat ini menjelaskan bagaimana cara para jin mendapatkan berita langit, namun setelah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam di utus mereka tidak dapat melakukan cara demikian lagi dengan mudah
- Di langit ada panah-panah api yang bisa melukai jin
[15] Yakni ini (keburukan) atau itu (kebaikan) yang akan terjadi. Hal itu, karena mereka melihat keadaan yang telah berubah yang mereka ingkari, maka mereka mengetahui dengan kecerdasan mereka bahwa perkara ini (kebaikan) adalah yang Allah inginkan untuk penduduk bumi. Dalam ayat ini terdapat penjelasan tentang adab mereka, karena mereka sandarkan kebaikan kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala dan terhadap keburukan, mereka hilangkan fa’ilnya/pelakunya karena beradab terhadap Allah Subhaanahu wa Ta'aala.
Faidah:
- Jin asalnya tidak memiliki kemampuan mengetahui perkara gaib mutlak semisal kapan kiamat, kapan si fulan meninggal, apa yang terjadi pada si fulan besok, dan semacamnya.
- Jin menetapkan sifat Al Iradah bagi Allah, yaitu bahwa Allah itu berkehendak.
- Dahulu jin bisa tahu sebagian perkara gaib yang memang dikehendaki Allah untuk mereka ketahui, berkaitan dengan keburukan atau kebaikan yang akan terjadi pada makhluk di bumi, yaitu cara dengan terbang ke langit dan mendengar berita langit di sana. Namun setelah RasulullahShallallahu’alaihi Wasallam diutus mereka tidak dapat melakukan hal demikian lagi.
- Jin ini mengabarkan bahwa ketika dahulu dia bisa mendengar kabar dari langit, maka yang dia dengar berupa takdir Allah terhadap makhluk-Nya terbagi menjadi dua macam tujuan, ar rasyad dan asy syarr. Bisa jadi Allah ingin memberikan petunjuk dan kebaikan dibalik itu, bisa jadi juga merupakan adzab dan istidraj yang menambah poin buruk bagi kita di hadapan-Nya.
- Dalam ayat ini jin menggunakan kata ar rasyad (hidayah/petunjuk) sebagai lawan dari asy syarr (keburukan), bukan al khair (kebaikan). Ini menunjukkan bahwa jin ini paham benar bahwa hidayah dari Allah merupakan bentuk kebaikan dari Allah, bahkan seutama-utamanya kebaikan.
- Jin yang sedang berbicara tersebut memiliki adab yang bagus terhadap Allah, yaitu ketika menceritakan tentang takdir buruk, ia tidak menyebutkan fa’il-nya dan tidak menyandarkannya kepada Allah walaupun ia tahu pasti itu terjadi atas kehendak dan kuasa Allah.
[16] Setelah mendengarkan Al Qur’an.
[17] Yakni yang fasik dan yang kafir.
[18] Ada yang muslim dan ada yang kafir.
[19] Yakni bahwa sekarang jelaslah bagi kami sempurnanya kekuasaan Allah dan sempurnanya kelemahan kami, dan bahwa ubun-ubun kami di Tangan Allah; kami tidak akan mampu melepaskan diri (dari kekuasaan) Allah di bumi dan tidak (pula) dapat lari melepaskan diri (dari)-Nya meskipun kami telah berusaha meloloskan diri. Oleh karena itu, tidak ada tempat perlindungan bagi kami selain kembali kepada-Nya.
[20] Selanjutnya mereka menyebutkan sesuatu yang mendorong manusia melakukannya.
[21] Dengan iman yang sebenarnya.
[22] Seperti dikurangi kebaikannya.
[23] Seperti ditambah keburukannya. Ada pula yang mengartikan ‘rahaqaa’ dengan mendapatkan gangguan dan keburukan. Apabila seseorang selamat dari keburukan, maka ia akan memperoleh kebaikan. Dengan demikian, iman merupakan sebab untuk memperoleh semua kebaikan dan terhindar dari semua keburukan.
========================
al Ustadz Abu Muawiyyah Askari bin Jamal
1. | Tafsir Surat al Jin 12 | 14:49 | Archive | 2.1 MB |
2. | Tafsir Surat al Jin 13 | 11:41 | Archive | 1.7 MB |
3. | Tafsir Surat al Jin 14 | 13:33 | Archive | 1.9 MB |
4. | Tafsir Surat al Jin 15 | 12:39 | Archive | 1.8 MB |
0 Response to "Tafsir Al Jinn Ayat 1-13"
Post a Comment